Bimbel Inpirasi KAGEM Jogja

Wisata Edukasi dan Rekreasi KAGEM

| Kamis, 27 September 2018 - 22:24:00 WIB | dibaca: 104 pembaca

Minggu. (09/09/18) 

ENGLISH VERSION : CLICK HERE

Hola~

Kembali lagi bersama kami di acara bimbel Inspirasi Kagem.

Apa itu bimbel inspirasi? Apa aja kegiatan bimbel inspirasi kali ini?

Bimbel inspirasi itu bimbel dimana kita melakukan sesuatu untuk membuka wawasan! Iya, membuka wawasan! Dan tentu aja sesuai namanya, bimbel inspirasi kali ini mengajak adik – adik untuk pergi ke salah satu candi di daerah sekitar Yogyakarta, yaitu candi Plaosan.

Candi Plaosan terdiri dari 2 komplek candi, yaitu Candi Plaosan Lor, dan Candi Plaosan Kidul. Candi ini diyakini sebagai Candi peninggalan pemeluk agama Buddha, dan memiliki pahatan yang rinci. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi, pada masa pemerintahan Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Hindu.

Lalu, kita ngapain aja sih di Candi Plaosan? Pasti nya belajar sambil bermain!

Sama seperti bimbel inspirasi yang terdahulu, kegiatan akan dibagi sesuai pos – pos yang tentunya gak bakal bikin bosen dong! Eits, pasti nya adik – adik dibagi beberapa kelompok agar lebih kondusif. Untuk kali ini kita mengadakan 3 pos, yang terdiri dari pos mencari bola, pos menebak kata, dan pos bola pingpong.

Pos mencari bola, disini adik – adik diajak untuk mewakilkan salah satu anggota dari kelompok mereka untuk ditutup matanya, dan anggota lain sebagai navigator untuk perwakilan mereka mencari bola di suatu daerah yang telah ditentukan. Karena mereka melawan kelompok lain, pastinya gak mudah dong buat sang perwakilan mencari bola yang dimaksud? Hihihihi. Disini adik – adik diajak untuk saling mempercayai dan mencermati setiap perintah yang ada! Dengan kebisingan yang ada, mereka juga harus konsentrasi. Wah! Keliahatannya mudah tapi ternyata gak begitu ya!

Pos menebak kata, salah satu anggota sebuah kelompok akan mewakili kelompok tersebut untuk memeragakan dan mendeskripsikan kata misterius yang diberi kakak – kakak punggawa, dan satu anggota lainnya harus menebak apa sih kata misterius tersebut. Tentunya asik banget deh kalo denger deskripsi sama jawaban mereka! Namun, yang paling penting adalah bagaimana mereka bisa belajar untuk mengambil kesimpulan yang tepat dengan informasi yang terbatas tadi gengs.

Pos bola pingpong, wah, disini sih kayaknya tempat yang paling menghabiskan nafas adik – adik. Kenapa? Karena di pos ini mereka harus memindahkan bola pingpong yang mengapung diatas gelas yang penuh diisi air, ke gelas yang penuh diisi air yang lainnya dengan cara meniup bola tersebut. walaupun berganti orang setelah bola berhasil berpindah, tetap saja, kalau saingannya kelompok lain, pasti mereka akan berusaha sekuat mungkin! Iya gak? Mereka diharuskan bersaing dengan sehat dengan mengutamakan kerja sama antar anggota gengs! Itu artinya, disini mereka belajar sportifitas dan kerja sama!

Tapi yang gak kalah seru dari itu semua yaitu adu yel -yel! Ketika semua kelompok telah selesai, mereka diharuskan untuk memeragakan yel – yel mereka. Pokoknya kreatif deh!

Nah, setelah asik bermain sambil belajar. Waktu nya kita belajar serius nih. Yep! Keliling candi Plaosan! Agar adik – adik terbuka wawasannya, mereka diajak untuk keliling candi, setidaknya supaya adik – adik mengetahui, gimana aja sih bentuk – bentuk candi yang ada disini? Atau ada apa aja sih yang ada disini?. Tambah – tambah kalau mereka mau menanyakan sejarah dan arti dari setiap artifak yang ada. Wah! Kalau begitu sih, kakak – kakak punggawa nya juga mau tau! Hahaha.

Bermain sambil belajar sudah, belajar sudah, sekarang waktu nya bermain!

Destinasi selanjutnya yaitu Waterboom Umbul Cokro. Disini air nya bening loh gais! Dan ada kolam terpisah bagi dewasa dan anak – anak. Jadi kita gak perlu khawatir adik – adik bisa tenggelam. Tapi tetap kita harus awasi ya!. Adik – adik berenang, lantas, apa kakak – kakak punggawa juga berenang? Oh pasti! Walaupun tidak semua, agar barang – barang dan pengawasan adik – adik terjaga, ( T-T)9.

Setelah bersih – bersih, adik – adik terlihat lelah dan ada yang tidur sepanjang perjalanan pulang.

Dan itulah cerita bimbel inspirasi kali ini! Tunggu cerita – cerita dari bimbel inspirasi yang lainnya ya!

Bye bye!

- K e m a l -

Ooh! Jangan lupa liat video nya di YouTube ya!

Link : https://www.youtube.com/watch?v=fZUH7BFMQBk

Sumber:

https://direktori-wisata.com/tempat-wisata-waterboom-umbul-cokro-klaten/

http://candi.perpusnas.go.id/temples/deskripsi-jawa_tengah-candi_plaosan

 

 


Video Terkait:










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)