Bimbel Inpirasi KAGEM Jogja

Tokoh Wanita Nasional R.A. Kartini dan Perjuangannya akan Emansipasi Kaum Perempuan di Bidang Pendid

| Kamis, 27 September 2018 - 22:20:47 WIB | dibaca: 45 pembaca

Selasa (05/08/18).

ENGLISH VERSION : CLICK HERE 

R. A. Kartini adalah simbol perjuangan wanita Indonesia. Untuk memperingati hari Ibu kita, Kartini, tentunya hampir diseluruh daerah di Indonesia di selenggarakan begitu banyak acara, Yogyakarta salah satunya. Bertempatan di Komunitas Rumah Belajar Kreatif Kaki Gunung Merapi (Kagem) Yogyakarta, sebuah event ‘Bimbel Inspirasi’ diupayakan. Sesuai dengan namanya, ‘Bimbel Inspirasi’ mengajak para pesertanya untuk belajar dan terinspirasi dalam dunia pendidikan, terutama akan sejarah perjuangan ibu kita, Kartini. Selain berperan di bidang pendidikan dan sejarah, kegiatan ini pun diharapkan akan wawasan anak-anak tentang kelestarian lingkungan dan pentingnya kesehatan.

‘Bimbel Inspirasi’ dilaksanakan pada hari Minggu, 22 April 2018 di desa Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan yang pastinya menginspirasi ini berlangsung dari pukul 08.00-12.00 WIB. Kegiatan ini terdiri dari beragam aktifitas dan permainan. Namun, sebelum dimulai, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian tiap-tiap kelompok secara bersamaan masuk ke pos yang berbeda.  Pertama, ada Pos Kartini dimana anak-anak diajak untuk menonton kisah singkat tokoh R.A. Kartini dan tokoh wanita nasional lainnya, seperti Dewi Sartika, Cut Nyak Dien, dsb. Kedua, ada dari pos Pendidikan dimana anak-anak diajak untuk mengenal kosakata Bahasa Inggris dan belajar sejarah kota Yogyakarta. ketiga, dari pos Kesehatan, anak-anak diberi wawasan tentang macam-macam alat medis dan diperlihatkan praktek tensi. Last but not least, ada pun Pos Lingkungan dimana mereka diberi wawasan bahwa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sekitar dan anak-anak bisa mengenal lebih jauh tentang tanda-tanda akan bencana alam. Tidak ketinggalan pula ada kegiatan lainnya seperti permainan puzzle ‘tebak tokoh’, menyanyi bersama lagu ‘hari-hari’ dalam Bahasa Inggris, dan sebagainya. Melihat anak-anak begitu antusias mengikuti semua aktifitas, membuat suasana menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Begitu kegiatan selesai, kemudian  ditutup dengan pembagian doorprize dan juga pemberian gelar Putera dan Puteri Lingkungan bagi anak-anak yang berhasil menjawab kuis dari kakak-kakak punggawa Kagem mengenai lingkungan. Tak luput pula diingatkan bahwa hari itu mereka belajar bahwa betapa besarnya perjuangan Kartini akan emansipasi wanita dan para perempuan terutama di dunia pendidikan untuk masa kedepannya. Jika kalau bukan ibu Kartini, kaum wanita dan anak perempuan hingga kini mungkin tidak akan pernah bisa sekolah seperti saat ini dan tidak akan bisa mengejar cita-citanya setinggi langit. Benar bukan? 

- A z z a m -  

Cek juga video keseruan Bimbel Inspirasi Kagem melalui link dibawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=H1YB1hFJU2w 


Video Terkait:










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)