Suara Kak Dita

| Jumat, 03 Mei 2013 - 00:08:13 WIB | dibaca: 2661 pembaca

Yayasan Rumah Belajar Kreatif Kaki Gunung Merapi. Pertama saya tahu mengenai yayasan ini dari twitter. Saya sangat tergugah untuk mencoba datang dan mengetahui lebih dalam seperti apa kegiatannya. Begitu pertama kali ke sana, saya disambut kakak-kakak relawan yang ramah dan adik-adik SD yang dengan semangat belajar dan mengerjakan PR-nya. Saya langsung jatuh cinta pada kedatangan pertama. YRBK Kagem juga semakin menyadarkan saya bahwa pendidikan dan ilmu adalah aset yang paling berharga, yang tentunya harus dilengkapi dengan akhlak dan moral yang baik.

Tidak hanya itu, Yayasan Rumah Belajar Kreatif Kaki Gunung Merapi bukan hanya memberikan ilmu, namun pembentukan pola pikir yang baik bagi adik-adik. Melalui kelas inspirasi yang rutin diadakan, YRBK Kagem mendatangkan berbagai sosok inspirasional yang dapat dijadikan panutan bagi adik-adik, yang menjadikan adik-adik dapat bermimpi tanpa batas tanpa melihat keterbatasannya. Biarkan mereka bermimpi, karena jika sejak kecil mereka dibiasakan untuk bermimpi besar, maka tidak ada yang tidak mungkin bagi mereka nantinya.

Semangat belajar mereka juga membuat saya malu, ketika seringkali saya kehabisan semangat untuk diri saya sendiri, ketika seringkali saya membuat pembenaran untuk kemalasan saya. Semangat adik-adik untuk belajar tanpa putus asa dengan berbagai keterbatasan yang ada sangat menyentuh dan membuat saya tersadar, bahwa kita harus mensyukuri apa yang dimiliki sekarang. Ketulusan para relawan juga terlihat dengan sangat jelas; hanya memberi tak harap kembali. Hal ini juga menyadarkan bahwa kita hidup bukan hanya untuk mengejar kebahagiaan diri sendiri, namun juga berguna untuk orang lain; untuk sekitar. Mungkin seringkali kita tidak menyadari, bahwa hal kecil yang kita berikan, menjadi sangat berarti untuk mereka. Jika tidak ada waktu yang dapat kamu sisihkan, berilah sebagian materimu untuk berbagi. Jika tidak ada materi yang dapat kamu bagikan, sisihkanlah sebagian waktumu untuk mereka. Berikan apa yang bisa kamu berikan. Karena berbagi tidak akan mengurangi, pun justru akan memperkaya dirimu.

 

Anindita Apsari










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)