Ramadhan Berkah Jilid VI

| Jumat, 02 Agustus 2019 - 13:01:30 WIB | dibaca: 85 pembaca

Hallo kawan-kawan, bagaimana bulan ramadhan tahun ini ? puasanya lancar semua kan.

Kali ini kagem jogja ingin berbagi sedikit cerita kegiatan di bulan ramadhan, kegiatan yang rutin dilakukan oleh kagem ini bernama “Ramdhan Berkah dengan Berbagi Bersama”, dan alhamdulillah tahun ini adalah kali ke-6 Kagem mengadakan kegiatan ini.

Kegiatan ramadhan ini memiliki 3 rangkaian acara yakni Pesantren kilat, Bazar Ramadhan, serta Buka bersama dan Pemberian tali kasih.

Pesantren Kilat (12 mei 2019)

Kegiatan ini dilakukan selama satu hari penuh dan di ikuti oleh adik-adik kagem, pada tahun ini kagem bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Sosiologi UGM. Kegiatan dimulai dengan sholat dhuha berjamaah bersama kakak punggawa dan adik-adik kagem. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok sesuai dengan kelas dari adik-adik, pembagian kelompok  dilakukan agar materi yang diberikan sesuai dengan kelompok umur mereka.

Materi yang disampaikan berupa tata cara wudhu dan sholat, zakat & Puasa,  hafalan surah pendek dan games yang dirangkum sedemikian rupa agar adik-adik dapat memahami point-point dari materi tersebut, tak lupa di berikan gambar ataupun alat peraga serta praktik langsung agar lebih menarik. Selain materi, salah satu pos juga berisi games yang dapat menambah keceriaan adik-adik walaupun sedang berpuasa.

Kemudian dilanjutkan dengan materi kreatifitas yaitu membuat miniatur dari kardus bekas, adik-adik dapat mencoba membuat rumah, tank, kapal laut, pesawat capung dan lain-lain dengan cara berkelompok. Kegiatan ini dimaksudkan agar mereka dapat belajar bekerjasama dengan teman satu kelompok mereka.

Sore harinya dilanjutkan dengan membaca al-Qur’an, kemudian permainan dengan selingan sedikit materi dari teman-teman mahasiswa Sosiologi UGM. Lalu di akhiri dengan buka bersama.

Bazar Ramadhan (19 mei 2019)

Bazar Ramadhan kali ini dilaksanakan di  Halaman masjid Uswatun Hasanah, Dusun Jetis Baran. Bazar ini berisi beberapa kegiatan yaitu Penjualan sembako murah dengan kupon yang di peruntukkan kepada masyarakat kurang mampu di Desa Sardonoharjo serta lomba menggambar dan mewarnai untuk tingkat TK-SD.

Selain kegiatan tersebut, di tampilkan juga beberapa produk UMKM dari Desa Sardonoharjo serta dari luar Sardonoharjo yang bertujuan untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat sehingga dapat meningkatkan perekonomian mereka.

Bazar Ramadhan ini di buka oleh Kepala Desa Sardonoharjo dengan penyerahan sembako secara simbolis kepada salah satu warga yang berhak mendapatkan. Sembako yang di jual dengan setengah harga ini berisi kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, teh, sirup, kecap serta mie telur.

Untuk memeriahkan acara, panitia memberikan berbagai doorprize bagi siapa saja yang dapat menjawab pertanyaan yang di ajukan dan juga disuguhkan hiburan untuk masyarakat yaitu dengan penampilan DSN Band dan Hadroh dari Dusun Jetis Baran.   

Buka Bersama dan Pemberian Tali Kasih (22 mei 2019)

Rangkaian acara terakhir dari Ramadhan tahun ini adalah buka bersama dan pemberian tali kasih. Kegiatan ini dilaksanakan di Panti Asuhan Al-Ghifari Turi Sleman, kali ini kagem bekerjasama dengan Rumah Yatim dan Kemenkeu Muda Jateng-DIY

Kegiatan ini di mulai dengan pengajian bersama sambil menunggu adzan saat berbuka puasa. Kemudian dilanjutkan dengan solat magrib berjamaah dan buka puasa bersama. Di akhir kegiatan Kagem memberikan tali kasih berupa peralatan sekolah kepada anak-anak panti asuhan yang berjumlah 60 orang dan juga memberikan sembako kepada panti asuhan Al-Ghifari

 

-Hadyan- 


Video Terkait:










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)