MEMPERINGATI IDUL ADHA

Qurban Bersama Kagem

| Jumat, 07 Oktober 2016 - 13:27:39 WIB | dibaca: 1559 pembaca

Ibrahim, demi menjalankan perintahNYA, anak semata wayang yang paling disayangi ia relakan untuk disembelih. Padahal untuk kelahiran putra satu satunya itu Ibrahim telah sangat lama  menunggu dan merindukan kehadirannya.

Ismail lahir setelah Ibrahim berumur seratus dua puluh tahun sementara istrinya Siti Hajar  berusia sembilan puluh sembilan tahun. Kelahiran Ismail pun sempat membuat keduanya merasa kaget dan heran, setengah tak percaya apa mungkin mereka akan mendapatkan keturunan.

Nilai-nilai pendidikan akidah yang bisa diimplementasikan dari ibadah kurban adalah keimanan Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan Siti Hajar kepada Allah, meskipun perintah tersebut hanya melalui mimpi dengan bertentangan dengan rasional. Sehingga bisa disimpulkan bahwa ibadah kurban tersebut adalah wujud dari keikhlasan dari seorang hamba kepada Rabb-nya. Bahkan seorang hamba tersebut bersedia mengorbankan jiwa, harta, perasaan dan apapun yang diminta oleh Tuhannya

"Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd" .Gema suara takbir berkumandang, menandakan hari raya idul adha telah hadir. Kedatangan hari raya idu adha membawa banyak berkah bagi kaum muslimin.

Alhamdulillah di tahun ini kagem kembali melakukan kegiatan sosial. Kali ini untuk memperingati hari raya idul adha (hari raya kurban) kagem menghimpun donasi dari masyarakat yang kemudian disalurkan untuk kegiatan pemotongan hewan kurban. Kegiatan yang dilaksanakan satu hari setelah perayaan idul adha ini atau bertepatan dengan hari selasa 13 september 2016 (11 Dzul-Hijjah 1437 H) berjalan dengan lancar.

Kegiatan yang di laksanakan di markas besar Kagem ini berhasil menyembelih 3 ekor kambing sumbangan dari masyarakat. Dan akan di bagi menjadi 50 paket daging kurban. Sebelumnya kagem memberikan kupon kepada orang tua/wali murid yang kemudian nanti akan di tukarkan dengan daging kurban tersebut. Persiapan pemotongan dimulai pukul 7 pagi. Dalam kegiatan ini kakak-kakak punggawa sudah di bagi dalam beberapa tim yaitu penyembelihan, pemotongan, penimbangan, dan yang terakhir yaitu pembagian.

Proses penyembelihan hewan kurban pun dimulai, satu persatu hewan kurban di sembelih oleh pak jagal di bantu kakak-kakak punggawa. Kemudian setelah di kuliti, daging hewan kurban di potong menjadi beberapa bagian lalu di timbang agar paket daging kurban memiliki berat yang sama. Setelah itu dimasukkan kedalam plastik untuk di bagikan ke orang tua/wali murid adik-adik bimbel kagem. 50 paket hewan kurban telah siap untuk di bagikan. Sekitar pukul 12.00 WIB, beberapa orang tua/wali mulai berdatangan untuk menukarkan kupon mereka dengan paket daging kurban. Satu jam kemudian semua paket hewan kurban telah selesai di bagikan.

Kegiatan ini menjadi sangat berkesan bagi Kagem karena ini adalah kegiatan kurban pertama yang dilaksanakan di markas kagem, selain itu juga kegiatan ini menjadikan tali silaturahmi antara punggawa kagem dan orang tua/wali murid semakin erat lagi. Qurban juga adalah media untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga kita dapat bertemu di hari raya idul adha selanjutnya dan melaksanakan kegiatan yang sama dengan jumlah paket yang lebih banyak lagi. Aamiin Yarobbal Alamin.










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)