Bimbel Inspirasi

MUSIK & PERMAINAN TRADISIONAL

| Sabtu, 30 Maret 2019 - 11:46:47 WIB | dibaca: 250 pembaca

[minggu, 17 maret 2019]

Hallo kawan kawan kagem…

Minggu yang cerah dan indah, Antusias adik adik terlihat semenjak pagi hari, mereka berbondong bondong datang ke markas dengan penuh semangat. Kali ini kagem jogja kembali mengadakan kegiatan rutin nih….. masih ingat dengan Bimbel Isnpirasi Kagem yang diadakan setiap bulannya?

Pastinya dong,, dan kalian pasti tau kan Indonesia memiliki keragaman musik maupun permainan yang berbeda di setiap tempatnya? karena itu kegiatan kali ini kagem Jogja mengambil tema” MUSIK & PERMAINAN TRADISIONAL”,

Wah, udah penasarankan apa saja kegiatannya? Yuk langsung kita intip…..

Untuk memudahkan dalam bermain adik adik dibagi menjadi 5 kelompok, yang setiap kelompoknya akan menyambangi 4 pos yang berbeda. Pos yang telah disiapkan sebelumnya, yuk langsung saja kita berangkat ke posnya…..

Pos pertama adalah pos musik, di pos ini adik adik dikenalkan dengan beberapa jenis musik modern dan musik tradisonal. Dimulai dengan mengenalkan nama nama alat musik yang tersedia seperti, pianika, gitar dan angklung kemudian juga dengan media gambar. Selanjutnya mereka dikenalkan dasar dasar cara memainkan alat musik, lalu kakak punggawa mempraktikan bagaimana cara memainkannya satu persatu dari alat musik tersebut. Kemudian adik-adik diminta untuk mencoba memainkan alat musik dan memadukannya dengan tangga musik lagu daerah sambil kakak punggawa membantu memainkannya.

Pos kedua adalah permainan tradisional, ada yang tau dari mana asal usul suatu permainan? Yuk kita intip langsung, disini adik adik dikenalkan beberapa permianan yang sudah sering mereka lihat tetapi jarang mengetahui dari mana asal usul permainan tersebut, salah satunya bakiak dan lompat rangkualu. Selain dikenalkan, kakak punggawa juga mempraaktikan bagaimana cara bermain permainan tersebut dan diteruskan adik adik mencobanya secara langsung dengan dibagi menjadi dua kelompok. Dari permainan bakiak ini kita diajarkan untuk menyatukan kekompakan dalam satu kelompok agar bisa sampai ke garis finis dengan cepat. Asik sekali bukan? Eh ada satu lagi nih permainan yang gak kalah seru, lompat rangkualu ini membutuhkan konsentrasi penuh dalam permainannya dan harus sesuai dengan irama ya agar tidak jatuh saat bermain. Cukup lelah, tapi sangat menyenangkan

Lanjut di pos tiga yeayyyyyy, pada pos lagu daerah ini diperkenalan mengenai lagu daerah yang adik adik jarang mendengarnya atau bahkan tidak mengetahui tentang lagu itu. Kakak punggawa memutarkan secara singkat lagu lagu daerah seperti cublak cublak suwung, ampar ampar pisang gundul gundul pacul dan lain-lain. Kemudian adik adik dipandu untuk menyanyikannya bersama-sama. Tidak hanya itu setelah menyanyikanya adik adik diberi beberpa pertanyaan mengenai lagu tradisonal tadi, hmmm mengasah ingatan adik adik nihhh….. sebelum masuk pos terakhir adik adik diminta untuk menyanyikan yel yel mereka dengan penuh semangat.

Pos empat, pos terkahir dalam kegiatan ini yaitu membuat mainan tradisional di pos ini adik-adik diasah kreativitasnya dalam membuat permainan. Apa sih bahan yang adik adik gunakan? Disini adik adik menggunakan pelepah pisang dan kulit jeruk. Wuihhh gimana cara membuatnya yaaa? sebelum adik-adik berkreasi, kakak punggawa memberikan arahan dan sedikit contoh membuat mainan tradisional. Kemudian adik adik di berikan kebebasan untuk berkreatvitas sesuai dengan imajinasi mereka. Dan hasilnya diluar gambaran kami, adik adik membuat permainan yang tak kalah keren dari yang di contohkan kakak kakak punggawa. Ada yang membuat kapal dan juga yang membuat shot gun dari pelepah pisang. Wow kreatif sekali adik adik kagem yaa…….

Hari sudah semakin siang nih, sebagai penutup kegiatan kakak kakak membagikan hadiah kepada setiap kelompok yang sudah aktif dan bersemangat di pagi ini. Eh tidak lupa kami mendokumntasikan kegiatan pagi ini, tentunya dengan foto bersama adik adik kagem dan kakak kakak punggawa….

Sampai jumpa di kegiatan rutin lainnya kawan kawan kagem……

-Acyuta dkk.-










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)