Mengasah Kreativitas dan Otak Lewat Lomba 17-an.

| Minggu, 12 September 2021 - 19:11:40 WIB | dibaca: 54 pembaca

Pandemi tidak menghentikan para capung dan punggawa untuk menciptakan ide-ide baru untuk adik-adik Kagem. Terbukti ketika hari Minggu lalu (5/9), teman-teman capung mengadakan acara lomba 17-an nih. Kenapa baru diadakan bulan ini kak? Pada awalnya, lomba memang seharusnya diadakan seminggu sebelumnya, tetapi karena satu dan lain hal kita harus mengundurnya. Tapi tenang saja, semangat adik-adik untuk mengikuti lomba tidak luntur lho. Antusiasme adik-adik terlihat ketika acara dimulai sampai acara berakhir.

Nah, terdapat empat lomba yang dilombakan dalam acara ini. Ada lomba cerdas cermat, tebak lagu dan gambar, foto kemerdekaan, dan kostum terbaik. Seminggu sebelum lomba, kami mengadakan technical meeting yang bertujuan untuk menjelaskan teknis setiap lomba kepada adik-adik. Untuk lomba foto kemerdekaan, adik-adik diminta untuk menyiapkan pakaian yang bertemakan kemerdekaan dan berfoto dengan gaya bebas. Mereka bebas mengkreasikan pakaiannya dan bebas untuk memilih properti tambahan. Setelah itu, mereka harus mengirimkan kepada kakak panitia dengan batas waktu yang sudah ditentukan. Untuk lomba kostum terbaik, adik-adik pun dipesankan untuk memakai pakaian yang bertemakan kemerdekaan dan budaya Indonesia saat acara berlangsung. Ketentuan yang diberikan juga hampir sama dengan ketentuan lomba foto kemerdekaan. Mereka dibebaskan untuk berkreasi menggunakan properti dan juga hiasan bertema kemerdekaan.

Lomba pertama adalah lomba cerdas cermat. Lomba ini bersifat individual sehingga adik-adik harus menjawab secara mandiri dan cepat semua pertanyaan. Ketika lomba ini berlangsung, adik-adik menjawab berbagai soal dengan sangat cekatan. Dalam lomba ini, adik-adik secara tidak langsung belajar tentang berbagai pengetahuan umum Indonesia, seperti jumlah provinsi yang ada di Indonesia, lambang negara Indonesia, bapak pendidikan Indonesia, dan masih banyak lagi.

Dilanjut dengan lomba tebak lagu dan gambar, di sini adik-adik diminta untuk menebak dengan benar potongan lirik lagu dan juga gambar yang diberikan oleh panitia. Lagu dan gambar yang diujikan juga tidak jauh dengan tema lomba ini, yaitu kemerdekaan. Ketika satu soal diberikan, adik-adik sangat antusias menjawab pertanyaan dan berusaha untuk ditunjuk oleh panitia.

Saat acara berlangsung, mereka memakai berbagai kostum dan properti yang unik dan menarik seperti kebaya dengan hiasan tudung di kepala, mahkota dari daun seperti pakaian suku adat, ada juga yang memakai seragam SD karena berwarna merah putih yang mana juga berhubungan dengan kemerdekaan.  

Selain untuk memeriahkan ulang tahun kemerdekaan Indonesia, acara ini juga ditujukan sebagai ajang perkenalan adik-adik Kagem dan juga kakak-kakak capung. Di penghujung acara, panitia menampilkan video perkenalan dari masing-masing capung. Acara kemudian dilanjut dengan pengumuman pemenang setiap lomba. Terdapat 3 pemenang untuk lomba cerdas cermat, 3 pemenang lomba tebak lagu dan gambar, 3 pemenang untuk lomba foto kemerdekaan, dan 1 pemenang lomba kostum terbaik. Pembagian hadiah lomba dilaksanakan di markas Kagem Jogja pada hari Selasa (7/9) oleh perwakilan kakak-kakak capung. (ar)










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)