Memupuk Kesadaran untuk Menjaga kesehatan Gigi dan Mulut bersama GIGI.ID

| Rabu, 25 Agustus 2021 - 21:22:01 WIB | dibaca: 97 pembaca

Kesehatan merupakan salah satu topik yang gencar dibicarakan di kondisi seperti ini. Penting bagi kita untuk tetap memelihara stamina tubuh dan kesehatan anggota badan khususnya gigi dan mulut. Nah, hari Minggu lalu (22/08) Kagem Jogja mengadakan sebuah webinar yang berkolaborasi dengan GIGI.ID mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut selama pandemi. GIGI.ID adalah sebuah perusahaan rintisan sosial yang bergerak di bidang kesehatan gigi dan mulut. Mengambil tema “Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Pandemi Covid-19”, kegiatan yang dihadiri oleh adik-adik Kagem, wali murid, punggawa, dan calon punggawa berjalan dengan lancar dan juga mengasyikkan.  

Adik-adik Kagem menyimak materi dengan saksama dan penuh antusias. Terdapat dua sesi penyampaian materi pada webinar kali ini. Materi pertama membahas topik pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut saat pandemi yang disampaikan oleh drg. Safira Khairina dengan menggunakan salindia materi yang sangat menarik dan tentunya informatif. Banyak sekali ilmu dan juga wawasan baru terkait gigi dan mulut yang kami dapatkan. Mulai dari macam-macam gigi dan juga fungsinya, struktur gigi, penyebab gigi berlubang, dan waktu yang tepat untuk menggosok gigi.

Pada sesi kedua, topik yang dibahas berfokus pada informasi tentang alasan kita harus menunda untuk ke klinik gigi selama pandemi. Kok bisa begitu? Iya, karena tenaga kesehatan gigi termasuk dalam kategori risiko paparan Covid-19 paling tinggi menurut Occupational Safety and Health Administration. Hanya pasien yang memiliki kondisi darurat saja yang dianjurkan untuk pergi ke klinik gigi, seperti gusi bengkak akibat infeksi dan nyeri yang tidak tertahan. 

“Dalam perawatan gigi, dokter gigi dan perawat gigi bekerja di dekat rongga mulut pasien dan menggunakan instrumen yang menghasilkan aerosol atau partikel-partikel kecil yang bisa saja mengandung virus corona tersebut” ungkap Kak Marizka Ramadanty selaku pembicara di sesi kedua.

Sebagai salah satu alternatif dari masalah tersebut, GIGI.ID memiliki sebuah terobosan baru untuk konsultasi perawatan gigi dan mulut yakni Teledentistry. Teledentistry merupakan praktik yang menggunakan teknologi konferensi video untuk mendiagnosis dan memberikan saran tentang perawatan dari jarak jauh. Dengan teknologi tersebut, orang-orang yang ingin mengonsultasikan keluhan atau masalah pada gigi dan mulutnya tidak perlu ke klinik gigi, cukup menggunakan gawai dan melakukannya melalui aplikasi GIGI.ID.

Antusiasme adik-adik pun tidak kunjung surut, hal itu terbukti ketika sesi tanya jawab dan kuis berhadiah berlangsung. Mereka memburu para pembicara dengan beberapa pertanyaan menarik dan menjawab beberapa pertanyaan dari materi yang telah disampaikan dengan gesit. Di akhir acara, para pembicara berpesan bahwa  menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan suatu hal yang mudah asal dilakukan secara konsisten dan dengan metode yang benar. Mereka juga menekankan kepada kita untuk tetap menjalankan protokol 6M dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

 

Penulis: Arundhati Karalla










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)