Tahukah Kamu?

Media Pendukung Belajar: Mentimeter, Kahoot, dan Quizziz

| Minggu, 14 November 2021 - 00:16:30 WIB | dibaca: 46 pembaca

Freepik/brgfx

Selama pembelajaran daring, pengajar dituntut untuk terus berinovasi dalam proses mengajar. Metode dan cara mengajar yang asyik tentunya dapat meningkatkan antusiasme belajar setiap siswa. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal itu adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Sudah banyak platform yang tersedia untuk mendukung proses belajar-mengajar. Sesuai judul di atas kita akan membahas 3 media yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

1. Mentimeter

Salah satu cara untuk menyampaikan sebuah materi pembelajaran adalah melalui presentasi. Namun terkadang beberapa pengajar masih menggunakan tampilan presentasi yang membosankan dan kurang menarik perhatian murid-muridnya. Untuk mengatasi hal tersebut, ada satu aplikasi presentasi bernama Mentimeter. Mentimeter adalah sebuah platform presentasi yang dapat menjangkau audiens agar lebih berpartisipasi dalam presentasi. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat survei, polling, voting, kuis, serta tanya-jawab. Melalui aplikasi ini kalian bisa mengkreasikan salindia presentasi dengan banyak fitur yang ada sesuai dengan kebutuhan.

2. Kahoot

Kahoot merupakan media pembelajaran berbasis permainan yang dapat digunakan untuk membuat kuis. Para pemain bisa mengakses kuis via aplikasi ataupun website. Untuk bisa bergabung, pemain harus mengakses kode yang diberikan oleh pembuat soal. Para pengajar dapat memanfaatkan Kahoot untuk membuat kuis terkait materi pembelajaran sehingga pembelajaran tidak terkesan monoton. Dengan cara ini, pengajar bisa menciptakan suasana kelas yang lebih asyik dan interaktif.

3. Quizziz

Hampir mirip dengan Kahoot, Quizziz dapat digunakan pengajar untuk berinovasi dalam pembuatan kuis interaktif tentang materi pembelajaran. Pemain ditantang untuk menjawab setiap pertanyaan secara cepat dan tepat karena bisa memengaruhi peringkat dan skor. Pengerjaan kuis pun tidak harus dikerjakan secara langsung, kuis bisa dijadikan PR dan dikerjakan di lain waktu. Siswa bisa me-review kembali materi yang dipelajari dengan membuka soal yang sebelumnya dikerjakan.

Nah, itu dia beberapa media yang bisa mendukung pembelajaran semasa pandemi. Pastinya, masih banyak media lain yang sejenis dan tidak kalah menarik. Dengan menggunakan media-media tersebut dalam proses pembelajaran, harapannya kita bisa meningkatkan pemahaman materi setiap peserta didik. (ar)










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)