KUNJUNGAN UKM BAKTI SOSIAL UNNES

| Kamis, 04 Oktober 2018 - 22:53:03 WIB | dibaca: 90 pembaca

SABTU. (29/09/2018)

ENGLISH VERSION : CLICK HERE

Hallo kakak-kakak semua

Kali ini kagem kedatangan tamu dari semarang loh..

Kira-kira siapa yaa??

Tamu kita kali ini adalah salah satu UKM dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) yaitu UKM Bakti Sosial. Maksud kunjungan mereka adalah untuk mengatahui seperti apa kegiatan yang ada di kagem dan bagaimana cara pengelolaannya. Langsung aja yaa.. jadi pada kegiatan kali ini kita bagi menjadi 5 kelompok dan 5 pos. Eeiitss, tapi sebelum masuk ke masing-masing pos. Kita kenalan dulu nih biar makin akrab, seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Jadi biar timbul rasa sayang yaa harus kenalan dong. Selain kakak-kakak punggawa dan teman-teman dari Unnes yang kenalan, kita kenalan juga dengan kegiatan-kegiatan kagem. Tapi hanya sekilas saja yaa.. untuk lebih jelasnya langsung aja nih berangkat ke masing- masing pos.

Pos pertama membahas mengenai pengorganisasian punggawa yang ada di Kagem. Jadi di pos ini kita membahas menganai apa itu punggawa, apa saja peran punggawa, bagaimana cara mendapatkan/merekrut punggawa, siapa saja yang bisa menjadi punggawa dan kendala apa saja yang pernah di hadapi kagem terkait dengan punggawa. Selain itu juga tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh punggawa serta bagaimana cara mempertahankan kakak-kakak punggawa.

Lanjut ke pos ke dua, di pos ini membahas mengenai pengorganisasian adik-adik kagem. Pos ini mengenalkan tentang kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh adik-adik, seperti bimbel setiap selasa & kamis, bimbel inspirasi setiap bulan, wisata edukasi, pesantren kilat dan kegiatan-kegiatan lain. Selain itu pos ini juga membahas mengenai apa saja metode-metode yang dilakukan oleh kakak-kakak punggawa untuk menghadapi adik-adik yang memiliki sifat yang beragam.

Pos ketiga membahas mengenai pengorganisasian orang tua dan warga, karena memang kegiatan kagem tak lepas juga dari peran orang tua dan warga. Selain berinteraksi dengan adik-adik, kegiatan-kegiatan kagem juga melibatkan orang tua wali loh. Salah satunya dengan kegitan parenting, pada kegiatan parenting di jelaskan tentang bagaimana pola asuh anak yang baik. Karena banyak dari orang tua adik-adik di kagem merasa kesulitan untuk menghadapi beberapa sikap anak mereka. Selain dengan orang tua, kagem juga berinteraksi dengan warga, salah satunya pada kegiatan “Ramadhan Berkah dengan Berbagi Bersama” yang rutin di adakan oleh kagem setiap tahun pada bulan ramadhan. Dengan komunikasi yang baik antara kagem dengan orang tua dan warga maka kegiatan-kegiatan kagem diharapkan berjalan lebih lancar.

Selanjutnya masuk ke pos 4, pos ini membahas mengenai pengelolaan keuangan dan administrasi. Keunagan kagem untuk operasional didapatkan dari berbagai sumber yaitu penjualan kertas bekas, kardus & botol bekas. Selain itu dari penjualan pupuk cair dan beberapa sumbangan yang tidak tetap. Untuk administrasi sendiri kagem memiliki data-data terkait dengan punggawa mulai dari saat kagem berdiri sampai dengan sekarang. Selain punggawa, data-data adik-adik kagem juga tersimpan rapi yang memudahkan kagem untuk menjalin komunikasi dengan orang tua wali. Selain itu ada data surat masuk & surat keluar, buku tamu, absen siswa, absen punggawa dan lain-lain.

Pos terakhir adalah media & publikasi. Pos ini menjelaskan kegiatan kegiatan kagem di bidang media dan publikasi, Bagaimana cara pengelolaannya di jelaskan di pos ini. Kendala-kendala yang pernah terjadi dan solusi apa yang dilakukan. untuk bidang publikasi sendiri kagem memiliki beberapa media publikasi yaitu website, email, instagram, youtube, facebook serta twitter. Selain itu kagem juga berperan dalam pembuatan warta desa sardonoharjo, dengan mengumpulkan tulisan-tulisan dari masyarakat dan di buat menjadi majalah desa yang terbit setiap 4 bulan sekali. Media dan publikasi memberikan peranan penting yang membuat kagem dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Setelah berkeliling ke setiap pos, kegiatan selanjutnya adalah foto bareng tentunya. Biar makin eksis hehe.. cekrek, cekrek, cekrek.. sharing sudah, foto sudah, sekarang waktunya makan siang. Tak terasa agenda kali ini sudah di penghujung akhir, dan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan oleh UKM Bakti Sosial kepada Kagem Jogja. semoga kita dapat bertemu lagi di lain kesempatan

Yaa itu tadi cerita kunjungan UKM Bakti Sosial UNNES, sampai jumpa di kegiatan-kegiatan

kagem selanjutnya..

- D I O N -










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)