Kiat-Kiat Belajar yang Seru

| Selasa, 28 September 2021 - 19:15:21 WIB | dibaca: 108 pembaca

Pexels/Katerina Holmes

Kejenuhan merupakan hal yang sering kita jumpai selama pembelajaran jarak jauh (PJJ). Mulai dari siswa sekolah dasar hingga mahasiswa pasti pernah mengalami yang namanya perasaan jenuh. Hal tersebut merupakan hal yang sangat wajar dalam proses belajar. Ketika rasa jenuh itu muncul, kita pasti tidak bisa menikmati proses belajar itu sendiri dan kemudian melampiaskannya pada kegiatan lain. Maka dari itu, kita harus mengeksplorasi dan mencoba cara baru agar belajar menjadi suatu hal yang seru dan menarik serta tidak cepat membosankan. Nah, sekarang kita bakal kasih tahu beberapa cara yang bisa kalian coba agar kegiatan belajar terasa menyenangkan.

Berikut cara yang bisa kalian coba untuk mengatasi rasa jenuh dan menciptakan proses belajar yang seru:

1. Ajak teman untuk berdiskusi

Ketika kita belajar sendirian, mungkin ada beberapa materi yang sulit kita pahami. Oleh karena itu, kita perlu seseorang yang bisa diajak untuk mendiskusikannya. Kita bisa melakukannya lewat media WhatsApp ataupun Google Meet. Cara ini juga bisa membantu kamu untuk tetap termotivasi dalam belajar dan sebagai pengingat satu sama lain.

 2. Cari tempat yang kondusif

Rasa jenuh bisa disebabkan oleh lingkungan belajar yang tidak kondusif. Hal ini tentu saja menghambat kita untuk dapat memahami materi secara baik. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu mencari bagian dalam rumah kita yang nyaman untuk dijadikan tempat belajar.  Perlu diperhatikan juga, kita juga harus mengendalikan diri dari berbagai godaan yang ada di sekitar kita, seperti gadget, televisi, ataupun hal-hal lainnya.

3. Mencoba metode belajar baru

Setiap anak memiliki caranya masing-masing untuk bisa memahami materi dengan baik. Namun, jika satu cara sudah digunakan berulang kali pasti muncul rasa bosan dengan cara tersebut. Kalian bisa memvariasikan dengan metode atau cara lainnya, seperti menggunakan lagu untuk mengingat atau menggunakan teknik pomodoro.

Sedikit fakta tentang teknik pomodoro, teknik ini adalah cara belajar dengan rumus 25 menit belajar dan 5 menit istirahat. Bagi kalian yang sulit fokus dalam belajar bisa menggunakan metode ini sebagai solusinya. Kalian bisa melakukan teknik ini dalam beberapa ronde sampai materinya selesai. Hal yang perlu diingat dalam teknik ini adalah materi yang dipelajari harus satu topik dan hindari multitasking. Hal ini ditujukan agar kalian fokus dengan pelajaran yang dipelajari.

4. Berkreasi dengan catatan pelajaran

Bagi kalian yang merasa catatan pelajaran kalian terlalu monoton, kalian bisa mencoba mengubah dan mengkreasikanya  agar lebih menarik. Kalian bisa mengubahnya menjadi mind map ataupun jurnal yang menggunakan hand-lettering dan ditambahkan dengan stiker-stiker lucu dan unik. Dengan begitu, kegiatan belajar tidak terkesan terlalu menjenuhkan. Di samping itu, kegiatan ini dapat menambah tingkat kreativitas kalian juga, lho.

5. Siapkan camilan dan minuman

Saat kita berpikir tentunya menghabiskan sebagian energi dari dalam diri kita. Hal tersebut mungkin menyebabkan kita lapar atau haus di tengah proses belajar. Nah, kita bisa menyediakan beberapa amunisi seperti camilan dan juga minuman sebelum mulai belajar.  Ketika kita merasa bosan dan stuck pun kita bisa istirahat sejenak sambil menyantap camilan tersebut. Tapi ingat ya, atur waktu istirahatnya dan jangan sampai terlalu lama.

Nah, itu dia beberapa cara yang dapat kita berikan untuk mengoptimalkan proses belajar kalian. Pada akhirnya, kembali lagi ke diri kalian masing-masing. Kalian sendiri yang bisa menentukan cara belajar yang paling tepat dan membuat kalian nyaman. Semoga tips-tips di atas bermanfaat ya! (ar)

 










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)