Bimbel Inspirasi

KEBUDAYAAN NUSANTARA

| Senin, 25 Februari 2019 - 15:26:16 WIB | dibaca: 498 pembaca

[Minggu, 17 Februari 2019]

Yuk, kenalan sama budaya Indonesia!

Haiii…, di Minggu yang cerah Kagem Jogja mengadakan kegiatan rutin setiap bulan lho yaitu Bimbel Inspirasi. Kegiatan ini bertujuan untuk menstimulasi adik-adik dalam belajar dengan suasana yang menyenangkan karena bisa belajar sambil bermain. Adik-adik sangat antusias mengikuti kegiatan bimbel inspirasi yang bertema “Kebudayaan Nusantara”. Bimbel Inspirasi pada bulan ini diikuti sekitar 50 anak. Mereka sudah berkumpul di Kagem pukul 08.00 dengan membawa 1 botol bekas untuk didonasikan ke Kagem Jogja.

Wah, penasaran gimana keseruan adik-adik dan kakak punggawa dalam kegiatan bimbel inspirasi kali ini? Yuk, langsungintipsaja…

Pertama, adik-adik dibagi menjadi beberapa kelompok yang didampingi oleh kakak punggawa. Ada 5 kelompok nih dengan nama kelompok yang unik. Mereka harus menanyikan yel-yel kelompok lho biar makin kompak dan rame. Nah, siap menjelajahi tiap pos? Yuk, sekarang langsung menuju ke pos-pos  yaa...

Pos 1: Sub Tema “Kebudayaan Sulawesi”

Di pos ini adik-adik belajar tentang kebudayaan di Sulawesi khususnya kebudayaan Suku Bugis. Adik-adik disambut dengan kakak punggawa yang mengenakan kain khas Suku Bugis. Setelah itu,adik-adik menonton video yang menjelaskan tentang baju adat Suku Bugis. Ada juga replika boneka lucu dengan baju khas lho. Kemudian kakak punggawa menjelaskan tentang kebudayaan suku bugis, yaitu rumah tradisional, pakaian adat, senjata, makanan khas dan ada juga tokoh nasional yang berasal dari Sulawesi. Untuk menambah keceriaan adik-adik, kakak punggawa memberikan games tebak-tebakan berkaitan dengan apa yang sudah diketahui adik-adik tentang Sulawesi. Bagi yang bias menjawab, akan mendapatkan hadiah. Waah, senangnya..!

Pos 2: Sub Tema “Profesi Pembatik”

Sudah pernah membatik belum nih? Pos yang menarik minat adik-adik untuk mencoba langsung bagaimana cara membatik. Pertama, kakak punggawa menjelaskan bahan dan alat-alat yang diperlukan untuk membatik, yaitu: wajan kecil, kompor, canting, kain mori, dan malam (lilin untuk membatik). Setelah itu, adik-adik melihat bagaimana kakak punggawa memanaskan malam (lilin untuk membatik) di wajan kecil, cara memegang canting dan melukiskannya di kain yang sudah diberi pola. Langsung deh adik-adik bergantian mencoba proses membatik dengan didampingi kakak punggawa. Wah, keseruan pun bertambah setelah kakak punggawa memberi games puzzle unutk adik-adik. Games puzzle di pos ini unik lho. Adik-adik harus merangkai potongan-potongan puzzle bermotif batik. Cukup sulit sih, tapi adik-adik merasa tertantang untuk bisa menyeleseikannya. Luar biasa adik-adik Kagem.

Pos 3: Sub Tema “Kuliner Nusantara”

Masuk di pos ini, adik-adik langsung antusias melihat gantungan yang bergambar makanan khas dari seluruh Indonesia. Kakak-kakak punggawa menjelaskan tentang gambar makanan yang tergantung tadi. Kemudian, adik-adik akan belajar tentang salah satu makanan khas Bali, yaitu Celorot. Celorot biasanya disajikan saat perayaan Hari Nyepi. Meskipun adik-adik tidak berkesempatan merasakan makanan ini, tapi kakak punggawa memberitahu bagaimana cara membuat makanan Celorot lho. Adik-adik diminta untuk menempel-nempelkan potongan gambar yang berisi langkah-langkah untuk membuat Celorot. Setelah itu, ada games. Games kali ini lebih mengandalkan indra penciuman. Adik-adik harus mengenali aroma bumbu masakan, seperti: jahe, cengkeh, jeruk purut, dan bawang putih. Tentu yang menjadi tantangannya adalah kedua mata harus tertutup rapat ya. Hebat lho adik-adik Kagem bisa dengan mudah mengenali aroma bumbu masakan. Yang paling menyenangkan lagi, adik-adik diberikan beberapa makanan tradisonal lho, seperti: slondok, sale, dan tai kucing (nama makanan khas dari Jawa Timur).

Pos 4: Sub Tema “Tarian Tradisional”

Yap, adik-adik pasti sudah pernah melihat orang menari tari tradisonal kan? Di pos ini adik-adik akan dikenalkan dengan tarian khas Indonesia, seperti tarian dari Jawa, Bali, dan Aceh. Adik-adik antusias sekali ketika diputarkan video tari dari Jawa bahkan ada yang sampai menirukan irama dan mencoba mengikuti gerakan tarian tersebut. Kakak punggawa juga mempraktikkan langsung tarian dari Aceh lho. Tari ini adalah Tari Laweut Aceh yang tingkat kesulitannya tinggi karena butuh konsentrasi dan kekompakan antara penarinya. Walau begitu, adik-adik mau mencoba dan semangat sekali untuk mengikuti gerakan Tari Laweut Aceh bersama kakak punggawa. Semangat adik-adik memang luar biasa! Untuk menambah semangat lagi, kakak punggawa memberikan games tebak nama tarian nusantara. Adik-adik pintar menebak nama tariannya, seperti: tari kipas, tari kecak, tari sajojo, tari gambyong, dan tari pendet. Woow..

Pos 5: Sub Tema: Permainan Tradisional

Yang paling disukai adik-adik Kagem nih, pos permainan tradisional. Di pos ini adik-adik bisa bermain bersama kakak punggawa. Main apa aja sih? Main ular naga panjang sambil diringi lagu nasional maupun lagu anak-anak, main tebak kata nama hewan tanpa suara dan harus menirukan gerakan sesuai nama hewan yang dipilih teman sekelompok. Seru banget ya.. bisa main bareng temen dan kakak punggawa sambil menunggu waktu pergantian pos juga lho.

Matahari sudah naik nih. Penjelajahan tiap kelompok ke semua pos pun sudah berakhir sekitar pukul 10.30 WIB. Yeaah, waktunya pemberian apresiasi untuk adik-adik Kagem yang sudah luar biasa dan semangat sekali mengikuti kegiatan bimbel inspirasi.Setiap kelompok akan mendapatkan nominasi kelompok diantaranya kelompok terheboh, terlucu, terkeren, terkompak, dan terajin. Waah.., selamatya! Sesi penutupan kegiatan Bimbel Inspirasi diakhiri dengan berfoto bersama adik-adik Kagem dan kakak  punggawa Kagem. Semoga bisa menjadi kenangan bersama kalian yaa..

Nah, itulah keseruan bimbel inspirasi kemarin. Serukan? Kalau begitu, sampai jumpa dipertemuan selanjutnya! J

Kagem Jogja, more than sharing and inspiring.

 

-Winda & Intan-


Video Terkait:










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)