BIMBEL INSPIRASI

Kartini’s Day

| Selasa, 24 Mei 2016 - 18:31:14 WIB | dibaca: 1834 pembaca

Hello, para penerus bangsa (^_^))

         Tanggal 21 April kita merayakan peristiwa besar untuk salah satu pahlawan wanita Indonesia. Iyaapppss ….. that you right “Kartini’s Day”.

Kenapa sih  hari ibu kita kartini dirayakan pada tanggal 21 April? Singkat cerita pada pada zaman penjajahan dulu setiap anak wanita yang bukan kaum bangsawan itu hanya berhak mengenyam pendidikan hanya sekadarnya saja tidak bisa sampai mendapat gelar sarjana, so hanya kaum bangsawan saja yang berhak mengenyam pendidikan sampai strata atas dan Ratu Adjeng Kartini termasuk keturunan bangsawan. Setelah Kartini selesai mengenyam pendidikannya di ELC (Europe Leegere School) Kartini membuat perjanjian dengan seorang kompeni Belanda yang berkuasa pada saat itu dia bernama Van Den Burgh. Kartini mengajaknya beradu ilmu yang mereka kuasai dengan syarat jika kartini memenangkan pertandingan ini kartini ingin semua wanita pribumi diperbolehkan menempuh pendidikan sampai strata atas dan jika kalah kartini bersedia menjadi istri van den brugh dan kartini memenangkan pertandingan ini, nah… karena pertandingan ini diakan pada tanggal 21 April makanya peristiwa ini diperingati setiap tanggal tersebut. Sejak saat itulah wanita pribumi Indonesia berhak menempuh pendidikan sampai tingkat sarjana.

Kami dari Punggawa kaki gunung merapi (KAGEM) melaksanakan sebuah event dalam memperingati hari ibu kartini, di dalam event itu kami mengadakan beberapa permainan dan juga perlombaan. Sasaran yang kami tuju adalah anak-anak paud, TK, dan SD yang belajar di KAGEM. Untuk anak-anak paud dan TK kami mengajaknya bermain mewarnai gambar ibu Kartini yang sudah kami sediakan gambarnya, Tujuannnya selain untuk melatih kreatifitas anak-anak dalam kemahiran mewarnai pun untuk memperkenal kepada mereka bagaimana sosok kartini.

Untuk anak-anak SD kami mengajak mereka menulis surat, isi suratnya ditujukan untuk wanita-wanita yang mereka sayangi, boleh anggota keluarga, teman, atau siapapun yang berkesan di hidup mereka. Tujuan kami mengajak bermain seperti ini untuk melatih kemampuan mereka dalam mengungkapkan perasaan kepada orang-orang yang mereka sayangi diharapkan setelah menulis surat rasa sayang mereka jadi bertambah dari sebelumnya karena mengingat kebaikan-kebaikan yang sudah dilakukan orang yang mereka tulis di dalam suratnya masing-masing. Selain itu juga dalam sisi edukatif melatih kemampuan anal-anak dalam membuat surat.

Setelah event mewarnai dan membuat surat selesai kami mengajak anak-anak bermain angkat bola untuk melatih kekompakan dan kesabaran. Permainannya seperti ini kami bagi menjadi 4 tim. Permaian kedua ini caranya setiap kelompok harus membawa bola plastik yang diletakkan dalam lubang kardus dan diangkat dengan tali rapia yang diselipkan pada kardus, setiap anggota ada 8 anggota masing-masing memegang satu tali dan angkat bareng-bareng. Siapa yang cepat kami  tetapkan sebagai pemenangnya. Terdapat 4 kelompok 2 kelompok pertama beranggotan anak-anak paud dan TK dan 2 kelompok berikutnya anak-anak SD. Kami memilih permainan angkat bola ini untuk melatih kekompakan, kesabaran. Yapppsss… kekompakan bagaimana menempatkan diri di dalam kelompok agar kelompoknya menjadi pemenang dan kesabaran dalam menghadapi tantangan.

 

Nah, teman-teman ini adalah securah cerita singkat dari kami Punggawa KAGEM… see you on our next moments guys (^_^))

                                                                                                      Ella_Fmipa_UII










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)