Jadi Pede Bicara di Depan Umum? Siapa Takut! #inspirasiKAGEM bareng Geronimo FM

| Rabu, 22 Mei 2013 - 17:40:16 WIB | dibaca: 4377 pembaca

suasana jagongan kagem bersama kak awan dan eman penyiar radio geronimo fm

Minggu (19/05) - KAGEM kembali menghelat kelas Inspirasi bertajuk workshop sederhana tentang Public Speaking bersama penyiar dan produser sesi Angkringan Gayam dari Geronimo FM. Kelas kali ini dihadiri oleh sejawat dari FORNAGA (Forum Anak Ngaglik), FORANS (Forum Anak Sleman), dan relawan KAGEM bahkan relawan yang baru saja bergabung pada hari itu. Dimulai dengan perkenalan dari pihak KAGEM pada pukul 11.00 usai kelas Bimbingan Belajar, Kak Awan dan Kak Eman bercerita mengenai pengalamannya dari awal bertemu dengan dunia broadcast radio hingga praktek bagaimana menghadapi hadirin ketika presentasi dan cara menghasilkan suara yang prima di depan mic.

 Gazebo yang biasanya diisi oleh riuh semangat dan celoteh adik-adik dari TK hingga kelas 1 SMP belajar bersama relawan KAGEM, kali ini penuh inspirasi dari Kak Awan yang berkata, “coba kalian ingat apa mimpi kalian sewaktu kecil, yakin deh semesta akan mendukung kalian untuk mewujudkan mimpi kalian kalau kalian terus berusaha,” lalu bercerita bahwa sejak kecil memang suka merekam suaranya sendiri di tape seolah-olah sedang siaran atau Kak Eman yang sejak kecil suka menyusun lagu-lagu yang enak didengar hingga membentuk radio streaming Balon Ludah.

 Sharing dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimulai dari Kak Dyah anggota Divisi Media KAGEM yang sudah sejak kelas 3 SMP menjadi penyiar di Radio Komunitas Balai Budaya Minomartani FM tentang cara menghilangkan rasa gugup menghadapi audiens baik saat siaran, ngemc atau presentasi di kelas, cara agar tetap percaya diri meski suara cempreng atau cadel seperti Kak Merin dan Kak Elina, cara berbicara yang fokus dan tidak garing saat menghadapi anak-anak, sampai dimana tempat untuk bisa belajar Public Speaking berbayar. Wuaaah, banyak sekali pertanyaannya! Antusiasme kakak relawan KAGEM besar sekali!

 Kak Awan dan Kak Eman pun memberikan tips dan trik khusus, seperti:

“tataplah titik di tengah kedua mata hadirin jika pandangan hadirin membuat kalian gugup,”

“latihlah terus artikulasi kalian dengan melafalkan kalimat yang rumit seperti ‘ular naik pagar berputar-putar’ tanpa salah”

“belajarlah untuk menyelesaikan tugas-tugas dalam kehidupan sehari-hari kalian, dari sanalah kalian akan belajar berpikir sistematis dan tuntas sehingga ketika kalian berbicara juga akan menjadi tidak berputar-putar alias tidak njlimet”

“perhatikan lantunan naik-turun nada bicaramu untuk menarik perhatian hadirin,”

“untuk mc acara formal, kuasai dirimu dan jadikan dirimu kuat sehingga tidak merasa bosan ketika mc,”

“bukan masalah kamu capable atau enggak untuk menjadi pembicara di depan umum, tapi kamu mau berusaha tau tidak untuk menjadi lebih baik?”

Setelah sesi tanya jawab yang lebih mirip konsultasi kepribadian hehehe, kedua penyiar Geronimo FM ini memberi latihan singkat seperti senam wajah dan lidah, hingga cara menggunakan pernapasan perut agar suara lebih lantang dan awet.Rasanya tidak cukup hanya beberapa jam saja workshop ini berlangsung, sebab memang Kak Awan dan Kak Eman sendiri butuh berlatih berbulan-bulan bahkan tahun untuk berada di posisinya sekarang ini.

 Meski perjumpaan usai sampai setelah makan siang bersama dengan hidangan sederhana pula, pesan mendalam dari Kak Awan dan Kak Eman tetap terpatri dalam ingatan, “tidak masalah suaramu cempreng atau garing, asahlah karaktermu. Bentuklah dirimu sejak sekarang dan kuasai materi yang hendak kamu sampaikan ke hadirin, sebab jika kamu menguasai materi dan memiliki karakter yang berbeda dari yang lain maka otomatis hadirin akan memperhatikanmu.” dan itulah yang menjadi resep rahasia dari Geronimo FM selama ini. (fata)

 










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)