Bimbel Inspirasi

INDONESIA-KU

| Selasa, 30 Oktober 2018 - 15:04:28 WIB | dibaca: 89 pembaca

Minggu, 21 Oktober 2018

 INDONESIA-KU

Indonesia adalah negara dengan kekayaan yang sangat melimpah dari sabang sampai merauke, kekayaan suku, budaya, bahasa, flora maupun fauna, dan merupakan negara dengan sejuta ceritanya yang disatukan oleh satu semboyan yakni “Bhineka Tunggal Ika”.

Hallo kakak-kakak semuaa,, hari minggu yang cerah dan menyenangkan untuk menjelajahi Indonesia yeaayyy..  Bimbel inspirasi bulan oktober ini mengajak adik-adik untuk mengenal lebih jauh tentang tanah kelahiran mereka yakni INDONESIA.

Kali ini adik-adik akan memutari 5 pos yang telah di siapkan, yuukk langsung saja kita berangkat ke pos-pos tersebut.

Pos pertama adalah pos budaya, pos ini di percantik dengan kain khas dari beberapa daerah dan kakak punggawa yang memandu di pos ini menggunakan pakaian khas dari Lombok & Sumbawa. di pos ini adik-adik dikenalkan dengan berbagai budaya yang ada di Indonesia. Pengenalan budaya dimulai dengan memperkenalkan diri menggunakan bahasa daerah masing-masing. Lalu dilanjutkan dengan mengenalkan dengan pakaian adat daerah di Indonesia dari setiap provinsi. Kemudian adik-adik diminta untuk mengisi teka-teki budaya dengan cara berkelompok, isi dari teka teki tersebut adalah tentang alat musik dan rumah adat. Terlihat adik-adik sangat antusias dalam mengisi teka-teki tersebut, kerja sama sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan teka-teki ini karena adik-adik harus mencari jawabannya pada gambar yang telah di gantung di sekitar pos. Selanjutnya giliran menebak judul dan asal lagu daerah melalui musik yang di putarkan. Dan terakhir sebelum adik-adik meninggalkan pos, kita bersama menyuarakan jargon dari pos budaya yaitu “Ragam Budaya, Ragam Bahasa, Untuk Satu INDONESIA”

Pos kedua adalah pos fauna, pos ini mengenalkan adik-adik dengan binatang-binatang endemik dari indonesia mulai dari pulau Sumatera sampai Papua. Pengenalan binatang disini menggunakan media wayang berbentuk hewan mulai dari harimau sumatera, gajah sumatera, badak bercula satu, komodo, jalak bali, orang utan, cendrawasih dan hewan lainnya. Di dalam cerita dikenalkan tentang ciri-ciri dan asal dari hewan tersebut, tak lupa juga di selipkan sebuah pesan bahwa kita tidak boleh memburu hewan khas indonesia tersebut dengan alasan apapun. Karena populasi dari hewan-hewan tersebut sudah semakin menipis. Kemudian kakak punggawa mengajak adik-adik untuk bermain gajah semut, pasti sudah tahu kan ya. Butuh konsentrasi yang tinggi untuk permainan ini. Tak jarang mereka tertawa sendiri karena salah dalam mengartikan instruksi dari kakak punggawa.

Yuukk kita lanjut ke pos tiga, di pos ini adik-adik kita kenalkan dengan flora (tumbuhan) khas Indonesia dari berbagai daerah melalui media gambar dan di berikan penjelasan tentang beberapa flora yang dilindungi serta terancam punah, misalnya seperti bunga bangkai, raflesia arnoldi, anggrek hitam dan kantong semar. Selanjutnya menonton video tentang penyebaran flora Indonesia yang terbagi menjadi dua kategori wilayah dan penyebarannya, yakni Indo-Malaya yang meliputi wilayah Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Bali. Kemudian Indo-Australian yang meliputi Sulawesi, Papua, Nusa Tenggara dan daerah timur lainnya. Setelah itu dilanjutkan dengan games, pada games ini masing-masing kelompok harus menyusun nama flora dan daerah asalnya dari potongan-potongan huruf yang telah disediakan. Games ini melatih kekompakan dan ketepatan adik-adik serta daya ingat mereka tentang materi yang telah disampaikan. Sebelum lanjut ke pos empat adik-adik diminta untuk menyanyikan yel-yel yang telah mereka buat sebelumnya.

Pos empat adalah pos bencana, Selain mempunyai keindahan alam dan keanekaragaman hayati ternyata Indonesia merupakan salah satu negara di ring of fire, dan diapit oleh dua benua dan dua samudera yang menyebabkan diIndonesia sering terjadi beberapa bencana alam seperti gempa dan tsunami. Oleh karena kondisi tersebut pada pos ini adik-adik  dapat mengenal tentang bencana-bencana alam yang ada di Indonesia terutama gempa bumi dan tsunami yang telah terjadi akhir-akhir ini. Materi yang disampaikan yaitu bagaimana gempa bumi dan tsunami dapat terjadi melalui peta dan animasi sederhana terjadinya gempa dan tsunami. Kemudian daerah mana saja di Indonesia yang terpapar dengan resiko bencana tersebut. Dengan nuansa seperti di tengah kawasan terkena bencana, diharapkan adik-adik bisa lebih mengetahui apa itu gempa dan tsunami, dan meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap bencana-bencana tersebut.

Dan ini adalah pos terakhir yaitu pos Nusantara, pada pos ini adik-adik di ajak untuk bermain menggunakan media peta timbul pulau-pulau di Indonesia yang telah mereka buat sebelumya. Disini adik-adik diminta untuk meletakkan bendera dengan gambar di dalamnya pada pulau mana yang sekiranya tepat. Gambar yang ada di bendera tersebut adalah gambar dari materi-materi ke 4 pos yang telah mereka lewati sebelumnya. Fungsi dari kegiatan ini adalah menguji daya ingat dari adik-adik.

Setelah memutari kelima pos tersebut adik-adik berkumpul di gazebo untuk menerima doorprize  bagi adik-adik yang aktif dalam kegiatan ini dan mampu menjawab pertanyaan dari kakak punggawa. Kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama.. Yeaayyy. Ternyata menjelajahi Indonesia itu tidak butuh banyak uang dan tenaga yaa. Cukup dengan ikut bimbel inspirasi oktober ini akhirnya kita telah menjelajahi Indonesia.

Sampai bertemu di bimbel inspirasi selanjutnya...

 

 D I O N dkk.










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)