Bimbel Inspirasi Pertama disaat Pandemi

| Jumat, 19 Februari 2021 - 13:07:19 WIB | dibaca: 478 pembaca

Halo kawan? Bagaimana kabar kalian? Semoga selalu sehat dan bahagia ya
Pandemi covid 19 telah mengambil sebagian besar waktu kita semua untuk bertemu dengan teman di sekolah, di kampus maupun orang yang sudah jarang kita temui, sehingga saat kita akn bertemu menimbulkan sebuah kekhawatiran tertentu. Untuk memutus rantai penyebaran covid 19, kalian harus patuhi protokol kesehatan ya, jangan lupa dan malas untuk memakai masker dan menjaga kebersihan.

Ngomongin tentang covid 19, tentu hampir semua orang di sebagian muka bumi ini merasa ada batas untuk bertemu dengan orang lain, selain itu juga banyak siswa yang mengeluh karena sudah terlalu lama untuk tetap diam di rumah dan belajar dari rumah. Hal itu juga dirasakan oleh adik adik kita di Kagem Jogja. Sudah berjalan hampir setahun penuh kami tidak melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka sepeti biasanya. Otomatis tidak ada kegiatan sama sekali di Kagem Jogja, baik kegiatan dengan adik-adik maupun kolaborasi dengan komunitas lain. Bahkan sebagian besar dari punggawa juga pulang ke kampung halaman masing-masing.

Selama hampir satu tahun terakhir, Kagem Jogja mencoba untuk terus mengupayakan pendidikan adik-adik agar tetap berjalan sebagaimana mestinya, yaitu dengan cara mengadakan “Daring Kagem” dimana adik-adik belajar dengan menggunakan media whatsapp. Kegiatan belajar ini di lakukan di hari seperti saat Kagem aktif dulu, yaitu hari selasa, kamis dan minggu.

Nah, pada tanggal 14 Februari 2021 kemarin. Kagem Jogja kembali bisa melakukan kegiatan bimbel inspirasi, walaupun kegiatan bimbel inspirasi ini dilaksanakan melalui google meet, tapi kami semua bahagia. Karena perlahan-lahan kami bisa melakukan kegiatan seperti dulu lagi walau dengan cara yang baru.

Bimbel inspirasi kali ini dimulai dengan kolaborasi dengan teman-teman Kelompok Kerja Nyata (KKN) UII. Tema dari bimbel inspirasi kali ini ialah Belajar Peduli Lingkungan dan Kasih Sayang Terhadap Sekitar atau kita sebut BINGAR. Dalam kegiatan ini terfokus untuk mengajarkan bagaimana adik-adik paham tentang lingkungan mereka dan menyayangi lingkungan dengan cara sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya dan memilah sampah sesuai jenisnya. Lalu kegiatan yang kedua ialah menceritakan barang-barang yang mereka sayangi. 

Kegiatannya berlangsung dengan begitu menyenangkan. Diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh kak Amel dan juga kak Adim selaku punggawa Kagem Jogja, lalu dilanjutkan oleh teman teman KKN UII, kak Putri yang menjelaskan tentang bagaimana kita harus cinta dan peduli lingkungan dan kak Yuyun yang bertanya mengenai mengapa adik-adik menyayangi barang-barang yang telah mereka foto dan kirimkan sehari sebelumnya. Berbagai macam barang yang diceritakan oleh adik-adik seperti : bola, raket, mobil-mobilan, boneka, buku gambar, dan ikan.

Begitu banyak hal menarik yang kami semua ketahui, ternyata kesibukan adik adik begitu bermacam macam ketika pandemi. Seperti Hasna dan Husna, siswi kembar yang duduk di bangku kelas lima SD ini memiliki hobi menggambar. Pada proses menggambar, mereka merekam lalu mengunggahnya ke kanal youtube. Itu alasan mereka mengapa menyayangi buku gambar. Lalu bima, siswa yang duduk di bangku kelas lima SD menceritakan mengapa ia menyayangi mobil-mobilannya. Ternyata ia membuat sendiri mobil-mobilan tersebut dari kardus dan barang bekas.

Sore itu kegiatan bimbel inspirasi berjalan penuh tawa, senang, haru dan malu bagi adik adik, kata salah satu dari mereka “Malu mbak, soalnya belum terbiasa kayak gini. Besok-besok kalau sudah biasa ga akan malu lagi.” Celetukan itu membuat semuanya tertawa. 

Kami semua bahagia bisa melihat wajah dan senyuman adik-adik lagi, meski tidak bertemu secara langsung, akan tetapi semua hal itu membuat semuanya tertawa dan bahagia. Hampir setahun kami tidak bertemu, kini mereka terlihat lebih besar dan pintar.

Ada hal yang begitu menyentuh dan khas dari pertemuan pertama kami secara online ini, teriakan adik-adik yang memanggil kakak punggawa yang begitu khas itu kembali dapat kami dengar kembali.

“Mbaak Umii..”

Panggilan itu dulu terdengar ketika adik-adik mengetahui kakak punggawa telah datang dan mereka menyambut dengan panggilan lalu meminta untuk diajari mata pelajaran yang mereka inginkan.

Semoga sehat selalu untuk kawan-kawan yang membaca tulisan ini. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca kegiatan bimbel inspirasi pertama setelah adanya pandemi.

 

Penulis: Adim 










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)