Kesehatan Diri dan Lingkungan

BIMBEL INSPIRASI: Kesehatan Diri dan Lingkungan

| Sabtu, 31 Oktober 2015 - 16:35:25 WIB | dibaca: 4716 pembaca

“ Didalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat “. Yap, slogan ini pas banget buat gambarin Bimbel Inspirasi untuk 18 Oktober 2015 kali ini.
    Kesehatan merupakan salah satu nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa yang sangat berharga dalam kehidupan manusia yang patut untuk kita syukuri. Karena kesehatan sebagai modal dasar untuk melakukan segala aktivitas. Kegiatan kali ini, KAGEM mengundang mahasiswa kedokteran gigi dari UMY dan kedokteran umum dari UII yang bersedia sharing  ilmu kepada adik-adik semua untuk menambah ilmu seputar pengetahuan kesehatan gigi dan lingkungan, dengan alat bantu peraga serta permainan edukasi yang berisikan materi juga disertai gambar dan musik yang diharapkan lebih menarik minat adik-adik.
    Acara Bimbel Inspirasi ini dilaksanakan di area gazebo KAGEM. Dalam pelaksanaan acara ini juga disukseskan oleh para punggawa KAGEM yang di koordinatori oleh Razty dan Lila, yang telah mempersiapkan konsep acara sejak sebulan sebelum hari pelaksanaan. Acara ini sengaja direncanakan oleh para punggawa untuk menambah pengetahuan adik-adik tentang “ Kesehatan Diri dan Lingkungan “.
    Pemberian materi dimulai dari belajar tentang mengenal “Gigi dan Cara Menjaga Kesehatan Gigi” dengan menampilkan poster gigi sehat dan replica gigi. Selanjutnya, kita praktek bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar. Setelah selesai materi kesehatan Gigi, adik-adik dibagi dalam 6 kelompok yang berisi 2-3 orang selanjutnya mereka akan mendatangi Punggawa yang sudah siap di 3 posko, dimana masing-masing posko memiliki materi dan permainan yang berbeda-beda.
POS 1 : Materi “Makanan yang Sehat dan Merusak Gigi”. Adik-adik mendapat penjelasan tentang makanan yang baik untuk dikomsumsi dan makanan yang dapat merusak kesehatan terutama gigi. Dilanjut dengan permainan mengelompokan makanan sehat dan makanan perusak kesehatan.
POS 2:  Materi “4 Sehat 5 Sempurna”. Ada gambar sayuran, nasi, buah-buahan, kacang-kacangan, susu, dan daging, adik-adik belajar mengelompokan masing-masing makanan berdasarkan kandungan gizinya.
POS 3 : Materi “Kebersihan Lingkungan”. Yang terakhir ini juga ga kalah penting, yaitu menjaga kebersihan lingkungan. Selain makan makanan sehat, adik-adik juga harus belajar menjaga lingkungan agar tetap nyaman, bersih, wangi dan yang penting terhindar dari berbagai macam penyakit. Disini adik-adik juga belajar cara mencuci tangan yang benar dan mengenal jenis-jenis sampah organic/non organic.
    Gaya hidup tidak sehat sangat berpengaruh terhadap tubuh kita. Kebiasaan makan makanan yang tidak sehat, kurangnya olahraga, serta aktivitas fisik yang kurang baik merupakan fenomena yang semakin luas terjadi di kalangan siswa sekolah. Tanpa upaya yang sungguh-sungguh dalam menjaga kesehatan maka semua hal ini bisa berakibat pada lahirnya generasi mendatang dengan gaya hidup dan status kesehatan serta gizi yang kurang baik dan berisiko untuk mengalami berbagai masalah kesehatan. Untuk itu, tingkatkan kesadaran, pengetahuan, pemahaman kesehatan, kebersihan diri dan lingkungan, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Hidup Sehat Berawal Dari Diri Kita !
By: Lintang_UMY










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)