Berbagi dan Belajar Bersama di Kagem

| Selasa, 17 Maret 2015 - 07:53:11 WIB | dibaca: 4307 pembaca

Kagem " More than Sharing and Inspiring"

Assalamu’alaikum Wr.Wb,

         Alhamdulillah terimakasih untuk kesempatan yang diberikan, sehingga saya dapat bergabung dan diterima dengan baik dalam Komunitas Rumah Belajar Kreatif  Kagem Yogyakarta. Salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dapat dilakukan mahasiswa adalah mengajar. Konteks mengajar yang dimaksud dapat berupa mengajar les, menjadi tutor di lembaga bimbingan belajar, atau menjadi sukarelawan mengajar di lingkungan terdekatnya. Namun di Kagem ini pengajaran yang dilakukan oleh mahasiswa yang sifatnya suka rela di tempat yang telah disediakan. Mengajar menjadi pilihan yang baik bagi mahasiswa karena akses terhadapnya relatif mudah. Banyak organisasi Kemahasiswaan maupun organisasi sosial lainnya yang menyediakan sarana untuk mengajar dan membuka kesempatan bagi siapa pun yang ingin berperan serius untuk ikut. Tinggal mahasiswanya yang aktif mencari untuk selanjutnya berpartisipasi.

         KAGEM adalah komunitas yang dinamis yang memiliki banyak rencana untuk masa depan, agar adik-adik dapat memperoleh ilmu yang tidak hanya didapatkan dari sekolah saja, tetapi juga ilmu yang diberikan kakak-kakak pengajar yang bersedia dengan ikhlas memberi bimbingan dan mengajar dengan baik. Selain memperoleh ilmu, di Kagem juga dapat bersosialisasi dengan orang-orang baru dari berbagai daerah, menjalin silaturahmi, saling sharing, bertukar pikiran dan denger-denger sih sampai ada yang cinlok (ajang pencarian jodoh) hahaha. Semua kakak-kakak disini, atau punggawa dengan  ikhlas meluangkan waktunya untuk mengajar para adik-adik yang ada di Kagem, saya merasa senang karena dapat membagi sedikit ilmu yang sudah saya peroleh selama menjadi siswi/mahasiswi kepada adik-adik di Kagem.

         Adik-adik bimbel terlihat senang bila diajari oleh kakak-kakak, karena metode yang digunakan lebih kreatif dan variatif jika dibandingkan dengan pola pengajaran formal di sekolah mereka. Oleh karena itu, proses belajar mengajar yang menyenangkan adik-adik tersebut dapat menjadi alternatif penggunaan waktu yang produktif jika dibandingkan dengan menonton televisi, yang biasa dilakukan adik-adik masa kini pada waktu senggangnya.

Bagi Punggawa mengajar dapat memberikan akses pendidikan kepada adik-adik, yang sebelumnya mungkin amat sulit mereka dapatkan. Mengajar juga dapat menjadi pengalaman yang membahagiakan sekaligus mendewasakan. Realitas sosial akan lebih dulu dirasakan oleh mahasiswa yang “turun langsung” ke masyarakat dibandingkan yang hanya belajar lewat diktum-diktum kuliah. Saya rasa wawasan mengenai realitas sosial ini penting dimiliki oleh mahasiswa untuk menghadapi kehidupan pascakampus.

         Setelah beberapa kali saya mengikuti kegiatan di Kagem, menurut saya cara mengajar yang disampaikan kakak punggawa sudah sangat baik, di hari biasa adik-adik dapat memperoleh ilmu seperti halnya di sekolah dan dapat menanyakan tugas jika ada hal yang belum difahami. Untuk weekend adik-adik masih bisa ikut bergabung dengan kegiatan hiburan yang telah di sediakan oleh kakak punggawa agar adik bimbel tidak merasa jenuh di akhir pekan. Sesekali adik bimbel juga diajak untuk wisata keluar agar dapat mengenal lebih luas tentang keanekaragaman budaya maupun lingkungan sekitar, sekaligus menambah ilmu dengan berkunjung ke museum, tempat wisata yang ada di Jogjakarta. Sekedar masukan saja, mungkin untuk kedepanya sesekali dapat diadakan acara pentas kecil untuk adik Bimbel dan kakak punggawa agar dapat membina kekompakan. 

         Untuk keakraban antar pengajar, mungkin saya belum bisa bersosialisasi dengan baik karena masih dibilang baru dalam mengikuti Komunitas mengajar ini, sekaligus rasa malu kepada para senior yang lebih berpengalaman di Kagem. Untuk itu mohon kerjasamanya agar saya dapat lebih dekat mengenal satu sama lain dan membina komunikasi dengan baik. Mohon maaf jika tidak bisa hadir untuk setiap kali pertemuan dikarenakan kesibukan di kampus dan kegiatan lainya. Tetapi jika ada waktu luang, saya usahakan untuk terus datang ke Kagem  Terimakasih

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Lintang A.R ^^

 










Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)